Apa itu Tata Ruang Perpustakaan?

by - Desember 04, 2019


Perpustakaan

Gedung atau ruang perpustakaan merupakan sebuah sarana penting dalam perpustakaan. Perpustakaan sebagai unit pelayanan jasa harus memiliki sarana kerja yang cukup untuk menampung semua koleksi, fasilitas, staf dan kegiatan perpustakaan sebagai unit kerja.
Tata ruang adalah suatu wujud struktur ruang dan pola pemanfaatan ruang, baik direncanakan maupun tidak. Dalam kegiatan pengaturan ruang baca perpustakaan agar nyaman dan aman maka diperlukan adanya ilmu tata ruang. Ilmu dalam tata ruang baca di perpustakaan sangat dibutuhkan karena merupakan salah satu aspek pembinaan perpustakaan yang memiliki pengaruh dan peranan yang sangat besar dalam memperlancar layanan maupun pelaksanaan fungsi perpustakaan.
Selain istilah tata ruang perpustakaan ada juga istilah desain interior perpustakaan. Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia. Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan, seperti ruang, warna, pencahayaan, pemilihan, dan penempatan perabotan serta sirkulasi udara. Desain interior dilakukan agar pengunjung tertarik untuk mengunjungi suatu tempat, dalam hal ini perpustakaan.
Jadi, tata ruang dan desain interior perpustakaan memiliki definisi yang berbeda, akan tetapi keduanya saling berkaitan. Desain interior ada untuk membantu agar hasil dari tata ruang lebih terlihat apik dan indah, sehingga pemustaka akan merasa tertarik untuk mengunjungi perpustakaan.

You May Also Like

10 komentar

  1. Waaah terimakasih. Ini sangat membantu sekali. Sukses yaa.

    BalasHapus
  2. Very excellent. Sedikit tambahan kak, selain dari segi desain interior maupun tata ruang yg dibuat menarik agar pengunjung tertarik untuk mengunjungi perpustakaan, bisa dilakukan juga dengan inovasi lain agar lebih maksimal dalam menambah daya tarik masyarakat. Seperti mengadakan kegiatan yang langsung melibatkan masyarakat berupa sosialisasi, lomba kecerdasan wawasan, atau kegiatan lainnya guna memperkenalkan masyarakat betapa pentingnya membaca. Sukses terus ya kak:)

    BalasHapus
  3. Terimakasih sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  4. Terimakasih ka. Sangat membantu dan mengedukasi

    BalasHapus
  5. Saatnya anak muda berkreativitas

    BalasHapus
  6. Saatnya anak muda berkreativitas

    BalasHapus
  7. Wahh dapat ilmu juga nih, sangat membantu sekali.. keren, lanjutkan 😊

    BalasHapus
  8. yeay terimakasih ka atas informasinya, bermanfaat sekali

    BalasHapus