Ruang Internal Staff Perpustakaan KCC? Apasih Itu?

by - November 12, 2019

Ruang Internal Staff Perpustakaan KCC? Apasih Itu?
Ruang Depan Perpustakaan KCC

Hai sobat Travelista!
Nah kali ini kita bakal bahas soal ruang internal staff di Perpustakaan, tepatnya adalah Perpustakaan Korean Cultural Center atau biasa disingkat KCC. Perpustakaan ini terletak di Equity Tower, lantai 17, SCBD, Jakarta.
Dari segi design perpustakaan KCC ini aestethic banget. Pokoknya ala-ala milenial sekarang deh. Tapi kali ini kita akan bahas di ruang internal staffnya aja. Karena ruang staff yang memadai cukup mempengaruhi kinerja dari Pustakawan.
Berdasarkan buku yang berjudul IFLA Library Building Guidelines: Developments & Reflection menjelaskan bahwa ruangan atau area perpustakaan yang tidak bisa di akses pemustaka. Ruangan ini merupakan area yang disisihkan untuk kegiatan staf yang terlibat dalam manajemen dan operasional pendirian perpustakaan. Sejumlah tugas di kerjakan pada area ini, tetapi ini tergantung pada ukuran perpustakaan. Kemudian ada istilah “departemen internal” mencakup berbagai bidang seperti ruang penyimpanan untuk bahan pustaka dan persediaan yang meliputi ruang rapat staf, toilet, dan dapur kecil.
Dalam area internal staf pada Perpustakaan Korean Cultural Center, area ini tergabung dengan area perpustakaan yang berisi ruang koleksi dan sirkulasi, tepatnya disamping meja sirkulasi perpustakaan. Di area staff ini pustakawan Perpustakaan Korean Cultural Center biasa melakukan pekerjaannya, disana terdapat 1 unit komputer di ruang staff dan rak yang berfungsi untuk menampung buku-buku baru yang belum di katalogisasi sehingga kondisi ruang staff agak kurang kondusif dan kurang rapi. Kegiatan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh pustakawan di ruang staff antara lain seperti tugas yang terkait pada koleksi perpustakaan diantaranya, pemilihan bahan pustaka dan akuisisi (pengiriman, kwitansi, rekaman koleksi), pembuatan katalog, pemrosesan stok untuk pinjaman atau penyimpanan, serta penjilidan buku jika diperlukan.
Perencanaan perpustakaan juga harus mempertimbangkan strategi organisasi untuk area kerja. Pada Perpustakaan Korean Cultural Center ini, perpustakaan membuat perencanaan secara efisien. Artinya, perpustakaan KCC memanfaatkan tempat atau space yang tersedia se-efisien mungkin, mengingat ukuran ruang yang terbatas. Oleh karena itu area internal staf dan area umum perpustakaan memiliki ruangan yang tergabung. Salah satu contoh pemanfaatan ruang secara efisien adalah adanya Aula yang berfungsi sebagai tempat seminar, live Instagram, dan event-event lainnya.
Dalam IFLA Library Building Guidelines: Developments & Reflection dijelaskan bahwa rantai pemrosesan pengelolaan dalam perpustakaan terdiri dari berbagai jenis tetapi faktor pentingnya adalah untuk memastikan kontinuitas antara operasi atau fungsi lain seperti ketersediaan dokumen dan operasi administrasi tidak akan tertunda.
Analisis yang disebutkan di atas berfungsi untuk menunjukkan bahwa untuk perpustakaan dengan ukuran tertentu, rangkaian pemrosesan dokumen harus dipisahkan dari publik. Ini menyiratkan memiliki dua pintu masuk perpustakaan satu untuk umum, dan satu untuk staf dan pengiriman. Staf dan pengguna jelas bertemu di meja resepsionis dan titik informasi, dan di area publik lainnya. Hal tersebutlah belum diterapkan pada area internal staf di Perpustakaan Korean Cultural Center karena perpustakaan memiliki ruang yang tidak begitu besar.
Pada IFLA Library Building Guidelines: Developments & Reflection dijelaskan bahwa suatu perpustakaan memiliki rata-rata area pekerjaan per pustakawan lebih besar dari standar kantoran administratif (kurang lebih 10-12 per pustakawan). Imbasnya rata-rata area lainnya yang harusnya digunakan kurang lebih 15 per divisinya, tidak termasuk bagian sirkulasi (akses menuju perkantoran).  Tetapi keadaan ini yang dipaparkan sebelumnya tidak sepenuhnya diterapkan pada pustakawan dalam suatu perpustakaan.
Di Perpustakaan Korean Cultural Center hal tersebut tidak diterapkan karena memiliki ruang staf yang tidak begitu besar, ruangan tersebut hanya mungkin setengah atau seperempat dari ruang umum (ruang perpustakaan yang berupa ruang koleksi, ruang baca, sirkulas).
Kualitas keseluruhan area staf dinilai dengan berbagai cara diantaranya adalah kebutuhan area yang di konfigurasikan secara rasional dan menyesuaikan ruangan. Penting bagi perpustakaan untuk memiliki akses yang terpisah antara staf dan dokumen. Perpustakaan KCC sudah melakukan hal tersebut. Letak ruang internal inipun tersembunyi dari mata publik. Ruangan internal staff terletak di dalam Ruang IT Show Room.  Dari segi furniture yang ada di area internal ini juga cukup baik jika digunakan untuk beberapa tahun mendatang serta sangat mendukung untuk kebutuhan para staf di area ini.
Selain itu, untuk menjaga dari gangguan luar terdapat juga peraturan tertulis yang ditempel di pintu bahwa hanya staf perpustakaan yang boleh masuk kedalam ruangan tersebut. Hal ini mempertegas bahwa ruang internal perpustakaan sangat privasi dan dijaga kenyamanan areanya. Di bagian dalam setiap staf diberikan meja dan kursi masing-masing yang di sekat sehingga tidak mengganggu staf yang satu dengan yang lain dalam bekerja.

You May Also Like

0 komentar